#Habibie80

All posts tagged #Habibie80

Ada Apa dengan Habibie?

Published July 27, 2016 by eqoxa

Masih adakah orang di Indonesia ini yang tak kenal Habibie? Saya rasa hanya segelintir. Sebab beliau adalah seorang tokoh bangsa, yang menurut saya, bisa disejajarkan dengan pejuang kemerdekaan. Lihat saja semua gelar yang beliau miliki, menunjukan betapa cerdas dan gigihnya beliau dalam menimba ilmu. Dan tak mudah menjual karya atau ilmunya kepada bangsa asing.

Sempat menjabat sebagai presiden ke-3 di Indonesia tak menjadikan pribadinya berubah. Kalau jam tidur mungkin iya (saya sih cuma menebak-nebak saja dalam hal ini). Presiden memang jarang tidur nyenyak itu iya atau enggak, sih? Mungkin iya, ya. Ya tapi kalau beneran mikirin negara dan rakyatnya, sih, pasti jadi kurang tidur. Nanti kalau ketemu pak Habibie, bakal saya tanyakan soal ini deh (penting banget, sis?).

Dalam kepemimpinan beliau, tak ada lagi pribumi atau non pribumi, Indonesia itu benar-benar jadi satu. Satu bangsa. Habibie jugalah yang memberikan kita hak kebebasan berpendapat terhadap pemerintah, mengajarkan tentang demokrasi yang sesungguhnya. Selain itu, proses pemilihan umum dan penghitungan suara pun dilakukan dengan lebih terbuka. Dengan cepat beliau mengubah peraturan, agar bisa langsung diaplikasikan di pemilihan berikutnya. Sayangnya beliau terlalu baik, akibatnya tak terlalu banyak yang mau dan berani mendukung beliau. Akhirnya beliau mundur dan kita tidak bisa melihat kepemimpinan beliau lebih lama di Indonesia. Selain itu beliau juga bikin pesawat, pesawat pertama buat Indonesia.

“Politik itu penting lho untuk dipelajari, ya, minimal diketahui beritanya..”, begitu kata teman saya. “..karena politik mempengaruhi naik-turunnya harga sembako dan tarif transportasi.”, lanjutnya lagi. Sebab itu sedikit-sedikit saya mulai membaca berita politik, salah satunya tentang presiden-presiden yang pernah menjabat di Indonesia.

Sebagai orang awam yang tak begitu paham politik seperti saya ini, Habibie itu keren. Karena saya yakin, hidup beliau sudah enak dan nyaman di luar negeri sana, sangat dihormati dan diakui kredibilitasnya, bahkan mungkin (maaf) lebih besar gajinya. Ngapain cari masalah pulang ke Indonesia? Padahal untuk seorang Habibie, beliau bisa memilih untuk jadi EGP (Emang Gue pikirin) aja. Ada apa dengan Habibie? Tak lain tak bukan adalah karena beliau cinta negeri ini, beliau adalah seorang professor yang diinginkan oleh negara lain, namun ia memilih untuk rela meninggalkan mimpinya (yang meskipun pada akhirnya justru tak begitu banyak orang lain yang bisa melihat atau menghargai perjuangannya itu). Meskipun begitu beliau tak patah arang membangun negeri ini dengan caranya sendiri, terlihat dari banyaknya bantuan yang diberikan kepada anak yang tak mampu, dalam bentuk panti asuhan dan beasiswa. Bentuk kepedulian beliau terhadap generasi masa depan yang mungkin saja, keberhasilannya terbentur biaya pendidikan dan biaya hidup. Masih kurang?

Istrinya yang cantik dan cerdas itupun ibaratnya sosok di balik rahasia sukses beliau. Bagaimana tidak, ibu Ainun selalu setia mendampingi sang suami dalam keadaan apapun, mengikuti dengan kepercayaan dan semangat penuh demi kesuksesan beliau, hingga akhir hayatnya. Kisah cinta mereka tentunya, menjadi inspirasi bagi mereka, yang mungkin mencari-cari tahu arti kata setia, cinta sejati di dalam kehidupan nyata. Dengan cinta yang besar itu barangkali, Habibie menjadi pecinta juga, melakukan hal-hal inspiratif yang tak kasat mata, yang belum bisa dilakukan orang lain selain beliau, demi kemajuan bangsa.

image

Sumber foto: http://www.hipwee.com

Saya semakin tertarik dengan Habibie (selain karena film dan buku beliau), juga karena fakta-fakta yang nyata, yang sudah diaplikasikan hingga saat ini. Detik-Detik Yang Menentukan: Jalan Panjang Indonesia Menuju Demokrasi adalah buku yang bisa menjadi renungan panjang bagi siapapun yang sebelumnya menutup mata, tidak peduli dengan apapun yang terjadi di Indonesia menjadi bertambah wawasannya, melihat bahwa kita benar-benar tak boleh berhenti berjuang dan berharap untuk memajukan negeri ini.

Barangkali anda tertarik mencari tahu hal-hal tentang Habibie lainnya? Yuk, ikut saya melihat pameran foto Habibie dan gebyar aneka lomba yang diselenggarakan berbagai komunitas yang tergabung dalam Friends Mandiri Museum. Pameran ini dibuka untuk umum mulai 24 Juli 2016 hingga 21 Agustus 2016 di Museum Bank Mandiri, Kota Tua – Jakarta Barat. Barangkali setelahnya, anda bisa mendapat inspirasi, dan terpilih menjadi presiden berikutnya. Berani?

 

#Habibie80

Advertisements