Curhat

jadi gini…

mau cerita dikit soal pengalaman kemalingan tetanggaku. kejadiannya tepat saat mudik lebaran kemarin. rumahnya kosong, tidak ada yang menjaga. keadaannya sangat parah karena si maling membobol dinding bagian belakang rumah si tetanggaku. parah banget dinding aja bisa dijebol, ngerjainnya berapa lama ya? dan kenapa tetangga gak ada yang kebangun saat dia getok-getok batu itu sampe bolong? aneh. yang hilang laptop dan sebuah gitar elektrik. sebelumnya ternyata anak si tetangga juga pernah kehilangan handphone yang dicas di dekat jendela, seenaknya si maling menarik kabel yang menjulur demi mengambil hpnya.

tetangga juga menceritakan kalau sebelumnya ada yang maling motor sore-sore di rumah yang lain, ajaibnya tuh maling malah mengunci penghuni rumah dari luar (kebiasaan gak kamu ngebiarin kunci tergantung gitu aja di pintu?) dan dengan santai membawa kabur motornya, lewat pos penjagaan pun dia mendorong motor sambil menyapa sang sekuriti. dan sekuriti dengan tanpa sadarnya juga membalas keramahan si bapak yang ternyata maling motor. gara-gara hal ini, tetanggaku mengatakan kalau dia akhirnya melepas ban motor dan dititipkan bannya ke tetangga, kalau hendak pergi jauh meninggalkan motor di rumah. mendengar cerita ini aku cuma geleng kepala saking kagetnya.

nimbrung lagi tetangga yang lain menceritakan pengalamannya, jendela rumahnya padahal sudah dipasangi kawat dan terali besi yang kuat, eh, tetap aja si maling bisa masuk, karena yang dijebol dinding sekitar jendela. habis semua barang-barang di rumah, termasuk celengan si ibu yang sudah dikumpulkan sejak lama demi berangkat haji :'(. dan bukan cuma itu, sepatu yang mahal dan pakaian yang dijemur juga ikutan disikat habis si maling. EDYAAANNNN!! rakus amat yak!!

berdasarkan pengalaman ini si tetangga memberi wantiwanti kepada seluruh rakyat Indonesia:

1. beramah-tamahlah pada tetangga, dan kenalkan seluruh penghuni rumah anda kepada warga sekitar, sehingga bila ada yang datang selain yang telah anda perkenalkan, bisa dicurigai.

2. rumah jangan terlalu sering dibiarkan kosong, kalaupun terpaksa tidak ada yang menjaga, titipkanlah pada tetangga.

3. buatlah rumah anda terang, sehingga maling susah untuk menyembunyikan diri.

4. bekerjasama dengan warga lain dan pihak keamanan untuk meningkatkan keamanan daerah rumah bersama.

5. berdoa

6. mari bangun rumah dari baja… (yang ini jangan diseriusin)

oke gitu aja deh, semoga jadi bermanfaat buat yang membutuhkannya. sekian.

Leave a comment